Andi Surya: Pemkot Metro Perlu Subsidi Sanitasi dan Sembako Murah Untuk Warga Rentan

Metro (WM65) – Calon Walikota Metro, Andi Surya, angkat bicara soal Virus Corona saat ini terhadap upaya antisipasi teknis medis maupun sosial ekonomi kemasyarakatan di Kota Metro sebagai dampak himbauan berdiam diri di rumah dan jaga jarak sosial (social distance).

“Saya berharap Pemerintah Kota Metro lebih sensitif terhadap persoalan virus corona ini, sebab dampaknya terhadap warga Metro akan segera terasa, ini menguji sensitifitas pemerintah”, Ujar akademisi yg mengelola UMITRA dan Sekolah Global Surya ini.

“Hal pertama yang harus dilakukan Pemkot bersama DPRD Metro adalah mengkaji dampak himbauan pemerintah pusat untuk menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah dan membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) “, Sebut Andi Surya.

“Saya kira salah satu dampaknya adalah akan banyak kebutuhan masker dan hand sanitizer yang saat ini langka di pasaran, ada baiknya Pemkot Metro segera melakukan upaya penyediaan alat sanitasi ini”, ujarnya.

“Selain itu, dampak atas himbauan berdiam diri di rumah akan akan lebih tertuju pada pekerja harian baik pedagang maupun pekerja upahan sehingga kebutuhan rumah tangga atas Sembako menjadi rentan untuk mereka”, Sebut mantan Anggota DPD RI ini.

“Atas persoalan ini, saya mengimbau Bapak Walikota dan Bapak-Bapak Anggota DPRD untuk segera membuat kebijakan perubahan anggaran yang kurang penting untuk dialihkan kepada Pos Anggaran Tanggap Darurat dengan dasar ‘Post Majeure’ “, Sebutnya.

“Diharapkan Pos Anggaran Tanggap Darurat ini diprioritaskan untuk bantuan dan subsidi Sembako murah untuk warga yang rentan yaitu pekerja dan pedagang harian serta menyediakan alat sanitasi berupa Masker dan Hand Sanitizer yang saat ini langka dipasaran”, tutur Andi Surya menutup pembicaraan.