Lawan Virus Corona, Labkes UMITRA Produksi Hand Sanitizer Berstandar BPOM d WHO

(WM65.com)- Merebaknya wabah virus Corona mendorong Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia membuat bahan sanitasi berupa ‘hand sanitizer’ yang mampu membersihkan virus terutama di telapak tangan.

Kepala Laboratorium Kesehatan UMITRA, Dewi Yuliana, M. Kep., memberi gambaran tentang proses pembuatan hand sanitizer produksi UMITRA menyatakan, “Kami dibantu oleh beberapa rekan laboran membuat formula hand sanitizer dengan komposisi Alkohol, Hidrogen peroksida, Gliserol dan aquadest, Tidak terlalu sulit, yang penting komposisi utama alkohol mampu mematikan virus dan tidak menyebabkan iritasi di tangan”, jelasnya.

Rektor UMITRA, DR. Hj. RENY Madrie AS, menyebutkan, “Di tengah langkanya alat sanitasi penghadang penyebaran Covid-19, kami mendorong Labkes UMITRA membuat ‘hand sanitizer’ dengan memproduksi puluhan ribu botol 60 mililiter, dan akan kami distribusikan terutama untuk Civitas Akademika termasuk mahasiswa dan masyarakat sekitar”, Ujar Rektor UMITRA yang juga Ketua Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Lampung ini.

Di lokasi yang sama di Kampus UMITRA, Ketua Yayasan UMITRA, DR. H. Andi Surya, menyatakan bahwa produksi Labkes UMITRA dalam bentuk hand sanitizer ini sebagai bagian dari Program Pengabdian kepada masyarakat, “Kami berharap dengan program ini akan memberi dampak pada berkurangnya persebaran Covid-19, setidaknya membantu pemerintah dalam menyediakan alat sanitasi yang diperlukan untuk melawan wabah virus yang meresahkan ini”, ujarnya menutup pembicaraan.