BPJamsostek Aktifkan Layanan Online Lapak Asik

WM.65.com- BPJamsostek Bandarlampung memfokuskan layanan klaim jaminan menjadi layanan online tanpa kontak fisik.

Protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) BPJamsostek merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah meminimalkan dan menghentikan penularan COVID-19.

“Hal ini kita lakukan untuk meminimalkan meluasnya penyebaran COVID-19 di kalangan pekerja, khususnya di lingkungan unit kerjanya,” kata Direktur Pelayanan BPJamsostek, Krishna Syarif di Bandarlampung, Jumat, (03/04)

Dia melanjutkan, sebelumnya pelayanan yang diberikan BPJamsostek kepada peserta selalu dilakukan secara tatap muka atau kontak fisik.

Ia juga menekankan urgensi pemberlakuan layanan online penting dilakukan, selain mempermudah peserta, tentunya berdampak pada perlambatan penyebaran virus COVID-19 yang sedang diupayakan pemerintah penanganannya.

“Peserta dapat mengakses registrasi antrian online melalui aplikasi BPJSTKU atau langsung melalui situs resmi antrian online di antrian bpjsketenagakerjaan.go.id. Paling lambat H-1 peserta mengunggah dokumen yang menjadi syarat klaim melalui alamat email yang diberikan saat registrasi. Jika dokumen lengkap dan telah diverifikasi petugas, peserta tinggal menunggu status pengajuan klaim yang akan diinformasikan melalui sarana komunikasi seperti email, whatsApp, SMS, dan telepon,” kata dia.

Selain layanan klaim JHT, pengajuan klaim jaminan lainnya juga diberlakukan metode Lapak Asik. Formulir yang diisi peserta atau perusahaan dapat diletakkan ke dalam dropbox setelah kelengkapan dokumen telah dipenuhi. Peserta, petugas perusahaan, atau ahli waris dapat langsung mendatangi Kantor Cabang BPJamsostek dengan membawa persyaratan yang ditentukan.

“Semua peserta yang datang akan selalu diukur suhu tubuhnya dan diwajibkan menjaga higienitas diri sebagai upaya mengurangi penyebaran COVID-19. Selain itu, salah satu bentuk mitigasi BPJamsostek dalam mengurangi interaksi langsung dengan menempatkan dropbox di luar dan terlebih dahulu disemprot dengan disinfektan untuk bisa diserahkan kepada petugas BPJamsostek di dalam ruangan,” kata dia lagi.