Kadiskes Reihana : PDP Meninggal Masih Menunggu Hasil Laboratorium

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana

Warta Media65.com- Dinas Kesehatan Provinsi Lampung membenarkan ada seorang pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Moeloek dan pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk memastikan apakah yang bersangkutan positif atau negatif COVID-19.

“Kami ingin menyampaikan pada pagi ini seorang PDP usia 65 tahun warga Bandarlampung, laki-laki meninggal dunia pada 11 April 2020 pukul 03.30 wib,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, di Bandarlampung, Sabtu, 12/04/2020.

Ia mengungkapkan pasien tidak memiliki riwayat perjalanan keluar daerah, namun beliau memiliki kontak dengan anaknya yang baru pulang dari Serang, Provinsi Banten sejak dua pekan lalu sebelum sakit.

Dia mengatakan bahwa sebelum dibawa ke RSUDAM yang bersangkutan menjalani pengobatan di klinik dan di salah satu rumah sakit di Bandarlampung.

“Keluhan sakit beliau yakni nafas tersengal saat beraktivitas berlebihan, diare 4 hingga 5 kali sehari, lemas, diabetes dan suspek bronkitis,” jelasnya.

Ia mengatakan pada Kamis (9/4) pasien dibawa ke RSUDAM dengan kondisi buruk. Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, akhirnya laki-laki ini ditetapkan sebagai PDP dan langsung dilakukan swab.

Pada sisi lain, dia juga membantah bahwa ada pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia hari ini.

“Tidak ada ada pasien positif meninggal dunia hari ini, orang yang disangkakan kasus no 18 dalam keadaan stabil karena beliau termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan di menjalani isolasi di Islamic Center di Lampung Utara,” jelasnya.

“Sebenarnya pasien sempat stabil pada Jumat (10/4) tapi ketika sore hari kondisinya kembali menurun dan Sabtu (11/4) beliau dinyatakan meninggal dunia. Tapi sekali lagi kita belum bisa nyatakan dia positif atau negatif COVID-19 sebab hasil lab belum keluar,” jelasnya.

Berdasarkan data update situasi COVID-19 di Lampung sebanyak 50 orang yang dinyatakan PDP dengan 31 pasien dirawat atau isolasi, 17 dinyatakan negatif dari virus ini dan dua diantaranya meninggal dunia, sedangkan jumlah kasus terkonfirmasi positif corona berjumlah 21 orang, sembilan pasien masih dirawat dan 5 orang meninggal dunia, dan tujuh diantaranya dinyatakan sembuh.(red/ant)