Korem 043 Gelar Vidcom Taklat Awal Wasrik Itdam II/Sriwijaya

Wartamedia65.com-Korem 043/Gatam melaksanakan kegiatan Vicom Taklimat Awal Wasrik ITDAM II/SWJ dalam Rangka Wasum ITDAM TW. II TA. 2020 yang dipimpin Irdam II/SWJ Kolonel Inf Yusman Madayun, yang berlangsung Bertempat di Ruang Puskodal Korem, Jalan Teuku Umar No.85 Kelurahan Penegahan Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung, Jumat (17/04).

Acara yg diikuti 25 orang dari jajaran Korem 043/Gatam.

Dalam pemaparannya Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufiq Hanafi menyampaikan perlu kami sampaikan bahwa kegiatan Vicon Taklimat Awal Wasrik Itdam I1/Swj ini diikuti oleh seluruh Para Komandan Satuan dan Para Perwira Staf Jajaran Korem 043/Gatam.

Untuk Para Dandim dan Danyonif 143/TWEJ melalui Vicon di satuan masing-masing. Untuk Para Komandan Satuan Dinas Jawatan dan
Para Perwira Staf Jajaran Korem 043/Gatam berada di Makorem 043/Gatam.

– Irdam II/Swj dan Hadirin sekalian yang saya hormati, Sebagaimana kita ketahui, bahwa fungsi kontrol (pengawasan) merupakan bagian dari manajemen modern yang memiliki peran sangat penting dalam memelihara arah dan stabilitas perputaran organisasi,sehingga khususnya di lingkungan satuan Jajaran TNI dapat dilaksanakan lebih optimal. pencapaian sasaran tugas pokok Mengingat pentingnya fungsi pengawasan bagi optimalisasi kinerja satuan dalam pengelolaan program dan anggaran,

– Saya mohon bimbingan,arahan, koreksi dari Tim Wasrik Itdam II/Swj pada Satuan Jajaran Korem 043/Gatam, sehingga prinsip Ketaatan dan Kepatuhan terhadap Aturan serta Efektivitas, Efisiensi dan Ekonomis ( 2K3E) dalam penggunaan anggaran dapat diimplementasikan,dlm program yang transparan, akuntabel dan dapat bermuara kepada penganggaran dan dpt dipertanggungjawabkan.

– Untuk itu, kepada Staf Umum dan Satuan Jajaran Korem 043/Gatam, Saya berharap dapat memberikan informasi dan data yang diperlukan Tim Wasrik Itdam II/Swj, sehingga pelaksanaan kegiatan wasrik dapat dilakukan sesuai dengan harapan.
Apabila terdapat permasalahan yang belum dipahami terkait implementasi
dari peraturan dalam pengelolaan program dan anggaran agar ditanyakan /dikoordinasikan, sehingga ke depan diperoleh peningkatan kualitas kinerja dalam pengelolaan program dan anggaran.

– Selanjutnya kepada Tim Wasrik Itdam I1/Swj,dengan segala hormat kami persilahkan untuk melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di Staf
Umum dan Satuan Jajaran Korem 043/Gatam.Manakala ditemukan adanya penyimpangan mohon dapatnya diberikan arahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian diharapkan tidak akan menjadi temuan pemeriksaan,eksternal yang akan datang.

lSambutan dan isi Vicon Irdam II/ SWJ adalah sebagai berikut
” Saya Informasikan kepada peserta sekalian bahwa hasil pemeriksaan BPK RI terhadap laporan keuangan Kemhan dan TNI tahun 2018 termasuk didalamnya laporan keuangan Kodam II/SWJ mendalatkan Openi wajar Tanpa pengecualian dengan penekanan satu hal. Adapun penekanan satu hal tsb Adalah :

Penataan Aset tetap dalam Aplikasi
Simak BMN blm memadai.
Penatausahaan persedian yg blm memadai. .pengelolaan Hibah blm tertib., Pengguanaan PNBP pada FKTP tanpa melalui mekanisme APBN. Pengelolaan keuangan belum sesuai dgn ketentuan Penatausahaan BMP blm memadai pengadaan belanja barang Dan modal blm sesuai ketentuan.
h.Pertanggungjawaban BPD tidak sesuai kondisi sebenarnya
i. Pemanfaatan BMN blm sepenuhnya sesuai ketentuan
j. Kesalahan klasifikasi belanja barang dan belanja modal.
k. Pengadaan alusista melalui FOREIGN MILITARY SALES (FMS) blm sepenuhnya sesuai ketentuan.

Vidcom di hadiri oleh
Danrem 043/Gatam Kolonel Inf Taufiq Hanafi.Para Kasi Korem 043/Gatam. Para Dan/Ka Satdisjan Korem 043/Gatam. Para Kabalak Korem 043/Gatam, Pada pukul 10.45 WIB kegiatan Vicon Taklimat awal Wasrik ITDAM II/SWJ selesai dengan tertib dan aman.(Penrem)