Dosen Unusia Sarankan Fornasmebi Gagas Pasar Online Bahan Baku

Wartamedia65.com- Forum Nasional Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam (Fornasmebi) melalui Kepala Kajian Keilmuan Fonasmebi Pusat melaksanakan Kajian Ekonomi dengan Topic : Tragedi Ekonomi Kemanusiaam Era Covid – 19 : Fatalis dan Over Convidence.

Forum tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at, 17 April 2020, Pukul : 20:20 WITA melalui Google Zoom. Peserta yang hadir ada puluhan Gubernur dari berbagai provinsi di Indonesia. Gubernur yaitu sebutan bagi koordinator Fornasmebi untuk setiap provinsi.

Diskusi sangat dinamis dengan keaktifan para peserta dengan melontarkan sejumlah argumentasi dan pertanyaan kepada narasumber, jelas Kepala Kajian Keilmuan Ahmad Riecardy.

Fornasmebi menghadirkan akademisi dari Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) sebagai narasumber. Muhammad Aras Prabowo, S.E.,M.Ak dosen tetap akuntansi Unusia memaparkan paterinya selama 30 menit, kemudian Ahmad Riecardy sebagai moderator memberikan kesempatan bagi para peserta untuk memberikan tanggapan dan pertanyaan.

Salah satunya Gubernur Kalimantan Tengah Dody Faizal mengenai imbas kebijakan pemerintah setempat dan tekanannya terhadap perekonomian.

Kemudian Gubernur Sulawesi Tengah Muhammad Afdal Mubarak dari IAIN Palu yang membeberkan program pemerintahnya dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dalam mengendalikan perekonomian. Yaitu renspon Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulawesi Tengah dalam mengatur produsen bahan pokok dalam mendistribusikan barangnya kepada konsumen tanpa bertemu secara fisik.

Dalam diskusi tersebut, MAP sapaan Muhammad Aras Prabowo memberikan rekomendasi kepada Fornasmebi melalui Presidium Nasional Arsif Jauhar agar berkontribusi dalam penanggulangan dan pencegahan Covid-19 dimulai dalam hal-hal kecil. Misalnya mengedukasi keluarga dan masyarakat di lingkungan masing-masing atas himbauan pemerintah mengenai protokoler kesehatan.

“Fonasmebi harus aktif dalam merumuskan program untuk pemerintah dalam mengendalikan ekonomi, termasuk menggagas pasar online untuk bahan kebutuhan pokok, tutup MAP.

Fonasmebi pun siap untuk menggagas pasar online bahan baku. Kata Presedium Nasional Arsif Jauhar bahwa dalam waktu dekat ini akan dilakukan rapat internal pengurus dan para gubernur setiap provinsi.

Ahmad Riecardy