RSUAM Lampung Terima Sampel Swab Pasien Terduga Covid-19

Wartamedia65.com- Untuk memastikan kesehatan pasien covid-19 yang dirawat di RSUD Tulangbawang Barat (Tubaba), tim medis kembali mengirimkan sampel swab untuk dilakukan uji swab kedua ke RSUD Abdul Moeloek, Bandar Lampung.

Selain mengirim sampel S (65, laki-laki) warga Mekarasri, Tulangbawang Tengah tersebut, tim dokter juga melakukan uji swab perdana terhadap tiga warga lainnya yang berstatus ODP yakni D (60, perempuan) istri pasien covid-19, H (58, laki-laki), dan A (57, laki-laki). Keduanya juga warga Kecamatan Tulangbawang Tengah yang memiliki riwayat kontak dengan pasien 03.

“Ada empat sampel swab yang kami kirim untuk uji swab ke RSUD Abdul Moeloek yakni satu pasien korana dan tiga sampel yang diambil dari tiga ODP. Dua diantaranya warga yang menjalani isolasi mandiri,” ujar Kadis Kesehatan Tubaba, Majril, seperti dilansir Lampost.co, Selasa, 21 April 2020, siang.

Majril menjelaskan tindakan uji swab kedua terhadap pasein 03 merupakan langkah lanjutan tim medis untuk memastikan kondisi kesehatan pasien apakah masih terjangkit virus korona atau sudah sembuh.

“Kalau kondisi pasien 03 saat ini sehat dan stabil. Tapi, kami tidak bisa mengatakan dia sudah bebas virus sebelum hasil lab swab kedua keluar. Tuan S ini masih kami rawat di RSUD Tubaba bersama dengan istrinya yakni Ny. D,” ungkapnya.

Sementara itu, terkait dengan uji swab terhadap tiga warga yang berstatus ODP, Majril mengatakan hal tersebut dilakukan karena tim medis juga ingin memastikan ketiganya tidak terjangkit virus korona.

“Tim medis menilai ketiga ODP ini perlu dilakukan uji swab. Hasil uji swab inilah nantinya yang akan menentukan ketiganya positif atau tidak terjangkit virus korona. Ketiga ODP ini memiliki riwayat kontak dengan pasien covid-19,” kata dia.