Dinkes Bandarlampung Utamakan Tenaga Kesehatan di Puskesmas

Wartamedia65.com– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung akan memprioritaskan rapid test kepada tenaga kesehatan yang berada di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan rumah sakit setempat.

“Dari yang kita pesan, 1.000 alat uji cepat sudah sampai, kita akan dahulukan tenaga medis karena mereka paling rentan sebab menangani pasien langsung baik COVID-19 maupun bukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli, di Bandarlampung, Minggu )04/05).

Selain itu, lanjutnya, pemeriksaan menggunakan rapid test juga mendahulukan  sejumlah wilayah yang terdapat pasien positif COVID-19 dan orang-orang yang  terdapat gejala virus ini.

“Di Bandarlampung sendiri mungkin Senin (4/5) akan berjalan dan persiapan sudah dilakukan baik di Puskesmas maupun rumah sakit yang menjadi prioritas utama,” jelasnya.

Ia mengatakan bahwa pemeriksaan ini akan bertahap tidak langsung menyeluruh sembari menunggu sisa alat tersebut datang. Di kelurahan pun nantinya akan dilakukan uji cepat ini oleh petugas puskesmas setempat.

Itu pun, kata dia, tidak seluruh masyarakat yang diuji cepat pemeriksaan COVID-19, pihaknya hanya mengambil sampel dari orang yang ada gejala atau diduga terpapar virus corona.

“Untuk pemetaan kita melakukan secara khusus dalam pelaksanaan rapid test ini  tapi kita arahkan ke daerah-daerah yang memang banyak orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) serta positif COVID-19 di kecamatan itu,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, menegaskan bahwa pelaksanaan rapid test di Kota Bandarlampung akan dilakukan dan didahulukan di kecamatan yang memiliki pasien positif COVID-19 serta tenaga kesehatan.

“Jadi kita tidak mengetes secara keseluruhan, kita akan selektif dan mengikuti Juknis bahwa tes tersebut akan diutamakan bagi kasus orang yang berkontak erat dengan pasien positif COVID-19,  PDP dan juga ODP serta tenaga kesehatan,” jelasnya.(red/ant)