Bachtiar Basri Akui Tidak Kecipratan Fee Proyek Lampura

Wartamedia65.com-Wakil Gubernur Lampung periode 2014-2019, Bachtiar Basri mengaku kenal dengan Agung Ilmu Mangkunegara saat menjelang Pilkada 2014. Menurutnya, Agung dan kedua orangtuanya pernah berkunjung ke rumah.

“Mereka menyampaikan sudah melakukan sosialisasi Pilkada Lampung Utara namun mengalami banyak kendala. Tamanuri ayah Agung meminta tolong saya,” kata Bachtiar saat sidang teleconference di Pengadilan Tipikor Bandarlampung, Rabu (6/5).

Bachtiar menyanggupi tapi bukan sebagai tim sukses. Menurutnya, ia diminta bantuan karena pada tahun 2008 ia pernah menang Pilkada Lampung Utara.

“Saya membantu menghubungi orang-orang yang bisa membantu, namun saya tidak pernah ikut kampaye,” jelasnya.

Menurutnya, ia tidak pernah mendapat paket pekerjaan dari Pemkab Lampung Utara. Namun sahabatnya Ali (pengusaha) mendapatkan paket pekerjaan.

“Tahun 2016, Ali pernah melapor kepada saya bahwa ia diberi proyek perkerjaan senilai Rp 10 miliar dari Pemkab Lampung Utara. Lalu saya katakan kalau gak ada feenya ambil. Kalau ada feenya jangan, saya katakan demikian,” ujarnya.

Akhirnya, proyek tersebut diambil, namun tidak ada fee yang dibayarkan Ali baik ke Agung maupun ke pihak lain. “Ali melapor ke saya, jadi betul-betul tidak ada fee,” jelasnya.

Namun, menurutnya Ali pernah mengatakan akan membantunya membayar rumah anaknya (Agung Cakra Negara) senilai Rp 500 juta.

“Menurut Ali itu hasil keuntungan proyeknya dari dinas PUPR Lampung Utara,” ujarnya (red)