Update Covid-19, Satu PDP di Lampung meninggal dunia

Wartamedia65.com- Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 berusia 67 tahun warga Kota Bandarlampung  meninggal dunia setelah menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di kota setempat.

“Dengan tambahan satu orang ini, total sudah 14 PDP meninggal dunia di Lampung,” Hal ini disampaiakan Wakil gubernur Lampung Hj.Chusnunia Chalim melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Minggu (10/05)

Dia menyebutkan bahwa hingga saat ini untuk pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 88 orang dimana 12 masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit rujukan di Provinsi Lampung, 62 orang sudah dipulangkan dengan hasil negatif, dan sisanya sebanyak 14 orang dinyatakan meninggal dunia.

Ia pun menjelaskan kronologi orang tersebut mendapatkan status PDP hingga meninggal dunia. Pada tanggal 22 April 2020 pasien tersebut mengalami kecelakaan dan mengakibatkan patah tulang serta mendapatkan perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Bandarlampung.

Kemudian, lanjut dia, pada 2 Mei 2020, pasien ini mengalami batuk berdahak, dan sesak nafas lalu diberikan bantuan oksigen oleh tim medis dan 6 Mei 2020 pasien ini dipindahkan ke ruang HCU.

“Jadi bukan kita masukkan ruang isolasi, tetapi HCU. Berdasarkan hasil rontgen pasien ada infeksi paru yakni bronkopneumonia,” jelasnya.

Reihana melanjutkan bahwa pada Kamis (7/5) kondisi pasien semakin memburuk dan  dipindahkan ke ruang isolasi COVID-19 serta langsung dilakukan rapid test dengan hasil negatif.

9 Mei 2020, kata dia, pihaknya melakukan pengambilan swab pasien untuk pertama kalinya, namun pada pukul 12.25 WIB orang tersebut  ini meninggal dunia.

“Sesuai protokol kesehatan orang yang meninggal dengan status PDP pasti dimakamkan sesuai dengan protap jenazah COVID-19,” jelasnya.

Kadiskes tersebut menegaskan bahwa kebanyakan PDP meninggal dunia hasil swab yang diterimanya adalah negatif COVID-19, jadi memang mereka meninggal karena penyakit penyerta.

“Untuk 10 Mei 2020 kita tidak ada penambahan pasien konfirmasi positif atau nol kasus positif COVID-19,” kata dia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung 10 Mei 2020, pasien konfirmasi positif COVID-19 berjumlah 66 orang dengan rincian 40 masih dalam perawatan, 21 lainnya dinyatakan sembuh dan Liam orang diantaranya meninggal dunia.(red)