Dinkes : Menghentikan Covid-19 Belum Bisa, Kalau Kendalikan Insya Allah

Kadiskes Lampung Reihana
Kadiskes Lampung Reihana

Wartamedia65.com- Di telinga masyarakat sekarang sering terdengar kata-kata “New Normal” atau tatanan hidup baru. Masyarakat pun bertanya-tanya apakah penyebaran Covid-19 sudah bisa dihentikan? Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dr. dr. Hj. Reihana, MKes, memberi tanggapan.

Dalam keterangsn pers di Posko Terpadu Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung, Reihana menyampaikan, bahwa untuk menghentikan penyebaran pandemi global Covid-19, belum bisa dilakukan. Namun yang bisa dilakukan melakukan pengendalian penyebaran. “Kalau menghentikan penyebaran Covid-19 belum bisa. Tapi kalau pengendalian insya Allah, Kalau menghentikan belum bisa. Protokol kesehatan harga mati. Dengan kerjasama, gotong royong antara masyarakat dan pemerintah,” ujar Reihana.

Menurut Reihana, adanya pasien terkonfirmasi positif yang masih ada penambahan belum bisa dihentikan. Tapi dalam beberapa hari ini kondisi grafik pasien terkonfirmasi positif sudah menunjukkan flat atau datar. Dalam arti, ada penambahan pasien positif tapi hanya satu atau dua orang.

“Dalam arti kita harus menjaga dalam dua minggu ke depan agar grafik yang ada tetap flat. Karena itu, kita harus tetap menjaga dan perkuat protokol kesehatan pada masyarakat. Jika dalam dua minggu ke depan dapat menjaga grafik flat, dalam arti bukan tidak ada pasien positif namun kurfanya bertambah satu dua orang, itu antinya insya Allah pandemi global Covid-19 dapat kita kendalikan tapi belum bisa kita hentikan,” ujar Reihana.

Karena itu, lanjut Reihana, menerapkan protokol kesehatan harga mati. Karena kalau tidak menerapkan protokol kesehatan merubah kebiasaan hidup kita dengan selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, hand senitazer, sosial distancing, mungkin kurflat yang ada saat ini tidak bisa diwujudkan.

Reihana juga manyampaikan Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per Minggu 7 Juni 2020 bertambah 1 orang asal Bandarlampung OTG. Total jumlah pasien positif 144 dirawat/isolasi 32, sembuh 101 dan meninggal 11 orang. Pasien positif yang sembuh bertambah 3 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 berjumlah 127 orang, 16 masih diisolasi di sejumlah rumah sakit di Lampung, 24 meninggal dan 87 orang setelah dilakukan swab dinyatakan negatif.

Sedangkan jumlah ODP 3.269 orang, 72 orang dalam pemantauan, 3.189 selesasi dipantau dan 8 orang meninggal dunia.

Adaptasi Kebiasaan Baru
Masyarakat perlu tahu “New Normal” dan bersiap dengan Adaptasi Kebiasaan Baru ; Jika sedang flu, di rumah saja, sedia hand sanitizer kemana-mana, tidak lupa pakai masker, tetap jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir, setibanya di rumah langsung mandi, say hello aja.. Tidak bersalaman dulu. Gunakan uang elektronik, jaga jarak di kendaraan umum, balita dan lansia di rumah saja.