Ketua Bawaslu Cermati Kesehatan Penyelenggara Pilkada

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah
Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah

Wartamedia65.com- Badan Pengwas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandarlampung mencermati kesehatan penyelenggara pilkada serentak 9 Desember 2020.

Ketua Bawaslu Kota Bandarlampung, Candrawansah, di Bandarlampung, Senin, mengatakan, masalah kesehatan masyarakat dan penyelenggara pilkada menjadi hal prioritas di masa pandemi COVID-19.

“Pemenuhan alat pelindung diri (APD) bagi penyelenggara adalah hal paling penting untuk diadakan sebab mereka turun langsung ke lapangan berhadapan dengan masyarakat,” kata dia

Kemudian, lanjut dia, politik uang di masa pandemi akan masih terjadi karena hal tersebut selalu mengiringi di setiap pilkada.

Menurutnya, politik uang masih akan terbuka terjadi, apalagi di masa pandemi corona ini banyak masyarakat yang sudah lama atau berminggu-minggu di rumah dan banyak dari mereka butuh bantuan.

“Maka perlu kontribusi dari masyarakat dan pemda untuk menyadarkan. Kami juga akan melakukan pengawasan dengan ketat terhadap pelaku-pelaku politik uang,” kata dia.

Selanjutnya, kata dia, partisipasi masyarakat dalam menyalurkan haknya di pilkada serentak juga menjadi masalah. Mereka bukannya hanya takut melaporkan ke Bawaslu, akan tetapi ada ketakutakan untuk berinteraksi dengan banyak orang akibat virus ini.

“Adanya COVID-19 bisa jadi masyarakat enggan menyalurkan hak pilihnya sebab takut tertular, maka ini juga yang harus diantisipasi oleh KPU dan Bawaslu,” katanya.

Ia mengatakan, yang terakhir yakni politisasi bantuan sosial (bansos) yang sudah marak dan sangat rentan terjadi di masyarakat, dan sekarang sulit membedakan antara pemberian bansos dan politik uang.

“Ke semua hal itu merupakan hal yang penting dan sedang kita petakan bagaimana cara untuk mengatasinya agar dapat diatasi,” jelasnya.