Operasi Krakatau Ditutup, Satlantas Polresta Lakukan Rapid Tes Ke Pengendara

Wartamedia65.co–Puluhan pengendara yang melintas di jalan Protokol kota Bandarlampung, tepatnya di Jalan Raden Intan Tugu Adipura dilakukan rapid tes oleh petugas satuanlalu lintas Polresta Bandarlampung, Rabu (05/08) siang.

Rapid tes yang disiapkan ada 60 macam yang di peroleh atas kerjasama Pemerintah kota Bandarlampung melalui Dinas Kesehatan setempat.

Pada kesempatan tersebut Kapolresta Bandarlampung Kombes Pol. Yan Budi menjelaskan,pelaksanaan Rapid tes secara gratis ini merupakan rangkaian dari penutupan Operasi Ketupat Krakatau 2020 yang di inisiasi oleh satuan Lalu Lintas Polresta Bandar Lampung.

“Radid test drive baru pertama kali di lakukan di Provinsi Lampung, sebagai upaya menggugah masyarakat untuk pencegahan penularan Covid 19, juga untuk kesadaran masyarakat dalam  menjaga kesehatan serta mengetahui seberapa besar penyebaran Covid 19 di kota Bandar Lampung.” Terangnya

Diketahui Rapid test yang telah di keluarkan oleh Pemkot Bandar Lampung mencapai 12 ribu lebih dan yang terbanyak di minta oleh pihak Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Sementara Kasat Lantas Polresta Bandar Lampung  AKP. Rafli Yusuf Nugraha menjelaskan, selama Operasi Patuh personil berlangsung, kami telah melakukan Patroli Hoverboard di Mall, juga Satlantas berbagi sembako dan APD serta memberikan Penyuluhan dan Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas melalui Patroli.

“Selama Operasi Patuh Krakatau berlangsung jumlah pelanggaran 535 teguran dan Tilang Nol (0),”ungkapnya.

“Untuk rapitest dilakukan secara drive thru sebagai bentuk bakti sosial. Selain itu juga sebagai deteksi dini agar masyarakat tidak terinfeksi Virus Covid 19.

“Dilaksanakan sehari, kami menyediakan 60 alat rapid test,”

peserta rapid test diberi surat keterangan. Kemudian ada juga surat pernyataan bersedia menjalani swab test jika hasilnya reaktif.

“Namun sejauh ini belum ada, hasilnya non reaktif semua,” kata Rafli.

Pihak Kepolisian Resort kota Bandarlampung bersama Pemerintah kota Bandarlampung dan TNI terus menghimbau masyarakat dan pengguna jalan. Terutama berkaitan dengan Covid-19 agar masyarakat teringankan beban hidup di tengah pandemi.

“Untuk rapid hari ini saja, dikaranakan keterabatasan alat, kedepan bisa dilaksanakan lagi,” papar Kasat ganteng dan berwibawa ini.

“ Untuk itu kami menghimbau sekali lagi agar masyarakat  mematuhui Protok Kesehatan dan menjaga ketertiban berlalu Lintas, dan himbauan inipun kami lakukan tidak akan pernah padam dalam Pandemi Covid 19. (red/gs)