Perayaan HUT RI Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana

Wartamedia65.com- Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dalam memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2020.

“Bagi masyarakat alangkah baiknya saat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkungan rumah untuk tetap menjadikan protokol kesehatan sebagai yang utama,” kata Reihana, di Bandarlampung, Sabtu (08/08).

Ia mengatakan, untuk sementara waktu belum ada pelarangan atas kegiatan perayaan HUT ke-75 RI, akan tetapi masyarakat diimbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga agar tidak terjadi kerumunan, dan menyediakan fasilitas cuci tangan.

“Jangan pernah beralasan kalau kita aman tanpa masker karena dia adalah keluarga atau teman, sebab hal tersebut tidak menjamin kita untuk tidak tertular, protokol kesehatan harus tetap dilakukan jangan sampai muncul kasus baru,” ujarnya.

Menurutnya, akan lebih baik bila masyarakat yang akan membuat kegiatan dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia dapat melaporkan ke satuan tugas di tingkat kelurahan atau kecamatan.

“Potensi kerumunan pasti ada sehingga akan lebih baik masyarakat dapat melapor terlebih dahulu mengenai teknis kegiatan kepada satuan tugas tingkat kelurahan atau kecamatan agar dapat dievaluasi, contohnya dengan melakukan pembatasan kapasitas kehadiran masyarakat sebanyak 50 persen,” ucapnya.

Menurut Reihana, telah ada Instruksi Presiden serta Peraturan Gubernur mengenai penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat yang memuat sanksi, sehingga masyarakat diharapkan dapat lebih disiplin.

“Kedisiplinan dan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan akan terus menjadi fokus utama, terlebih lagi menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya lagi. (**)